“Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak”

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Dalam Ilmu Kesehatan Anak istilah pertumbuhan dan perkembangan menyangkut semua aspekkemajuan yang dicapai oleh jasad manusia dari konsepsi sampai dewasa.

Anak memiliki suatu ciri yang khas yaitu selalu tumbuh dan berkembang sejak konsepsi sampai berakhirnya masa remaja. Hal ini yang membedakan anak dengan dewasa. Anak bukan dewasa kecil. Anak menunjukkan ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan usianya.

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interselular, berarti bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan, sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat.

Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian. Pertumbuhan terjadi secara simultan dengan perkembangan. Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan saraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya, misalnya perkembangan sistem neuromuskuler, kemampuan bicara, emosi dan sosialisasi. Kesemua fungsi tersebut berperan penting dalam kehidupan manusia yang utuh

Faktor penentu tumbuh kembang adalah faktor genetik herediter konstitusional, yang menentukan potensi bawaan anak, dan factor lingkungan yang menentukan tercapai atau tidaknyanya potensi tersebut. Kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang digolongkan menjadi tiga yaitu kebutuhan fisis-bomedis (‘asuh’), berupa pangan, sandang, papan, perawatan kesehatan dasar, hygiene, sanitasi,kesegaran jasmani, rekreasi; kebutuhan emosi / kasih sayang (‘asih’); dan kebutuhan akan stimulasi mental (‘asah’) yang merupakan cikal bakal proses pembelajaran (pendidikan dan pelatihan) pada anak.

2.1. Batasan Masalah

Dalam penulisan makalah ini penulis membahas tentang “Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak” yang merupakan batasan masalah dalam pembahasan makalah ini.

3.1. Tujuan

1.3.1.  Tujuan Umum

  1. Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah keperawatan anak di Program Studi Ilmu Keperawatan fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.
  2. Sebagai pengembangan ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti perkuliahan secara teori maupun praktek.
  3. Memperoleh pemahaman ilmu tentang “Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak”

1.3.2.  Tujuan Khusus

  1. Agar dapat menjelaskan dengan tepat tentang teori perkembangan Anak.
  2. Agar dapat menjelaskan dengan tepat tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang
  3. Agar berpengetahuan dan dapat melakukan pengaruh tumbuh kembang pada peningkatan kesehatan anak

BAB II

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan

  1. 1. Keturunan

Karakteristik yang diturunkan mempunyai pengaruh besar pada perkembangan. Jenis kelamin dan determinan keturunan lain secara kuat mmpengaruhi hasil akhir pertumbuhan dan laju perkembangan untuk mendapatkan hasil akhir tersebut. Terdapat hubungan yang besar antara orangtua dan anak dalam hal sifat seperti tinggi badan, berat badan, dan laju pertumbuhan. Kebanyakan karakter fisik, termasuk pola dan bentuk gambaran, bangun tubuh, dan ganjilan fisik, diturunkan dan dapat mempengaruhi cara pertumbuhan dan integrasi anak dengan lingkungannya.

Faktor Keturunan/Herediter :

  • Sex : Kecepatan pertumbuhan dan perkembangam pada seorang anak wanita berbeda dengan anak laki-laki.
  • Ras : Anak keturunan bangsa Eropa lebih tinggi dan lebih besar dibanding anak Asia.
  1. 2. Neuroendokrin

Penelitian menunjukkan kemungkinan adanya pusat pertumbuhan dan region hipotalamik yang bertanggung jawab untuk mempertahankan pola pertumbuhan yang ditetapkan secara genetic. Beberapa hubungan fungsional diyakini ada diantara hipotalamus dan system endokrin yang memengaruhi pertumbuhan.Tiga hormon-hormon pertumbuhan, hormone tiroid, dan endrogen.

  1. 3. Nutrisi

Nutrisi mungkin merupakan satu-satunya pengaruh paling pentng pada pertumbuhan. Faktor diet mengatur pertumbuhan pada semua tahap perkembangan, dan efeknya ditujukan pada cara beragam dan rumit. Selama periode pertumbuhan prenatal yang cepat, nutrisi buruk dapat memengaruhi perkembangan dari waktu impalmantasi ovum sampai kelahiran.

  1. 4. Hubungan Interpersonal

Hubungan dengan orang terdekat memainkan peran penting dalam perkembangan, terutama dalam perkembangan emosi, intelektual, dan kepribadian. Tidak hanya kualitas dan kuantitas deengan orang lain yang memberi pengaruh pada nak yang sedang berkembang, tetapi luasnya rentang kontak penting untuk pembelajaran dan perkembangan kepribadian yang sehat.

  1. 5. Tingkat Sosioekonomi

Riset menunjukkan bahwa tingkat sosioekonomi keluarga anak mempunyai dapak signifikan pada pertumbuhan dan perkembangan. Pada semua usia anak dari keluarga kelas atas dan menengah mempunyai tinggi badan lebih dari anak dari keluarga dengan strata sosioekonomi rendah.

  1. 6. Penyakit

Banyak penyakit kronik yang dikaitkan dengan berbagai tingkat kegagalan pertumbuhan adalah anomaly jantung congenital dan gangguan pernafasan seperti  kistik fibrosis. Gangguan apapun yang dicirikan dengan ketidakmampuan untuk mencerna dan mengabsorbsi nutrisi tubuh akan member efek merugikan pada pertumbuhan dan perkembangan.

  1. 7. Bahaya lingkungan

Bahaya dilikungan adalah sumber kekhawatiran pemberi asuhan kesehatan dan orang lain yang memerhatikan kesehatan dan keamanan. Cidera fisik paling sering terjadi akibat bahaya lingkungan.

Anak berisiko tinggi mengalami cidera akibat residu kimia dari kehidupan modern saat inidilingkungan. Bahaya dari residu kimia ini berhubungan dengan potensi kardiogenik, efek enzimatik, dan akumulasi (Baum dan Shannon, 1995) .

Faktor Lingkungan :

    • Lingkungan eksternal : Kebudayaan, Status sosial ekonomi keluarga, Nutrisi, Penyimpangan keadaan sehat, Olah raga, Urutan anak dalam keluarga.
    • Lingkungan Internal :
  • Intelegensi : Pada umumnya anak yang mempunyai integensi tinggi, mempunyai perkembangan lebih baik.
      • Hormon : Ada tiga hormon yang mempengaruhi pertumbuhan anak yaitu: Somatotropin, hormon yang mempengaruhi jumlah sel tulang, merangsang sel otak pada masa pertumbuhan. Berkurangnya hormon ini dapatmenyebabkan gigantisme; hormon tiroid, mempengaruhi pertumbuhan tulang. Berkurangnya hormon ini dapat menyebabkan kreatinisme; Hormon gonadotropin, merangsang testosteron dan merangsang perkembangan seks laki-laki dan memproduksi spermatozoid. Sedangkan estrogen merangsang perkembangan seks sekunder wanita dan produksi sel telur: kekurangan homon gonadotropin dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan seks.
      • Emosi : Hubungan yang hangat dengan orang lain seperti dengan ayah, ibu, saudara, teman sebaya serta guru akan memberi pengaruh terhadap perkembangan emosi, sosial dan intelektual anak. Cara anak berinteraksi dalam keluarga akan mempengaruhi interaksi anak di luar rumah. Apabila keinginan anak tidak dapat terpenuhi sesuai dengan tahap perkembangan tertentu dapat memberi pengaruh terhadap tahap perkembangan selanjutnya.
  1. 8. Stress pada Masa Kanak-Kanak

Stress adalah ketidakseimbagan antara tuntutan lingkungan dan sumber koping individu yang…menggangggu ekuiibrium individu tersebut ( mastern dkk, 1998).

Usia anak, temperamen situasi hidup, dan status kesehatan mempengaruhi kerentanan, reaksi dan kemampuan mereka untuk mengatasi stress. Kenali tanda stress untuk membantu anak menghadapi stress sebelum stress menjadi berat.

Koping

Koping adalah tahapan khusus dari reaksi individu terhadap stressor. Strategi koping adalah cara khusus anak mengatasi stersor ang dibedakan dari gaya koping yang relative tidak mengubah karakteristik kepribdian atau hasil koping ( Ryan-wengger, 1992).

  1. 9. Pengaruh Media Masa

Media dapat member pengaruh besar pada perkembangan anak. Tidak diragukan lagi bahwa media member anak suatu cara untuk memperluas pengetahuan mereka tentang dunia tempat mereka hidup dan berkontibusi untuk mempersempit perbedaan antar kelas. (Rowitz, 1996)

  • Ø Materi Bacaan

Buku, Koran, dan majalah adalah bentuk media masa paling tua. Materi ini berkontribusi pada kompetensi  anak dalam hamper setiap arah dan juga member kesenangan.

  • Ø Film

Film yang tidak terikat erat pada kenyataan dan sering menggambarkan berbagai perilaku berbagai perilaku yang disetujui secara social mungkin member kontribusi pada system nilai anak dan memberikan kesempatan untuk pembelajaran social yang diinginkan.

  • Ø Televisi

Media dengan dampak yang paling besar pada anak Amerka Utara saat ini adalah televise, yang telah menjadi salah satu agens penyosialisasi paling penting dalam kehidupan anak kecil. Disamping menimbulkan efek tertentu mengenai perbedaan kelas dalam informasi umum dan pembendaharaan kata, TV memanjakan anak pada berbagai topic dan kejadian yang lebih luas dari yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Ø Computer/Internet

Penggunaan computer baik diruang kelas dan dirumah telah mempenagruhi pembelajaran dan perkembangan dimasa kanak-kanak.Salah satu strategi yang bermanfaat menempatkan computer diruang prublik dirumah seperti dapur atau ruang keluarga agar orang tua dapat dengan mudah memantau penggunaannya.

Faktor Perkembangan Anak

Pada umumnya anak memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan normal yang merupakan hasil interaksi banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas tumbuh kembang anak antara lain:

FAKTOR DALAM

  • Ras/etnik atau bangsa : Anak yang dilahirkan dari ras/bangsa Amerika, maka ia tidak memilki faktor herediter ras/bangsa Indonesia atau sebaliknya
  • Keluarga: Ada kecenderungan keluarga yang memiliki postur tubuh tinggi, pendek, gemuk atau kurus
  • Umur : Kecepatan pertumbuhan yang pesat adalah masa prenatal, tahun pertama kehidupan dan masa remaja.
  • Jenis kelamin : fungsi reproduksi pada anak perempuan berkembang lebih cepat daripada laki-laki.. Tetapi setelah melewati masa pubertas, pertumbuhan anak laki-laki akan lebih cepat
  • Genetik : adalah bawaan anak yaitu potensi anak yang akan menjadi ciri khasnya. Ada beberapa kelainan genetik yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak seperti kerdil.
  • Kelainan kromosom : Kelainan kromosom umumnya disertai dengan kegagalan pertumbuhanseperti pada sindroma Down’s dan sindroma Turner’s.

FAKTOR LUAR

Faktor prenatal

  • Gizi : Nutrisi ibu hamil terutama dalam trisemester akhir kehamilan akan mempengaruhipertumbuhan janin
  • Mekanis : Posisi fetus yang abnormal bisa menyebabkan kongenital seperti club foot
  • Toksi/zat kimia :beberapa obat-obatan dapat menyebabkan kelainan kongenital.
  • Radiasi Paparan radium dan sinar rontgen dapat kelainan pada janin seperti deformitas anggota gerak
  • Infeksi : Infeksi pada trimester pertama dan kedua oleh virus TORCH dapat menyebabkan kalainan pada janin, katarak, bisu tuli, retasdasi mental dam kelainan jantung.
  • Kelainan imunologi : Adanya perbedaan golongan darah antara janin dan ibu sehingga ibu membentuk antibodi terhadap sel darah merah janin, kemudian melalui plasenta masuk dalam peredaran darah janin dan akan menyebabkan hemolisis yang selanjutnya mengakibatkan kerusakan jaringan otak
  • Psikologi ibu : Kehamilan yang tidak diinginkan, perlakukan salah/kekerasan mental pada ibu hamil dan lain-lain.

FAKTOR PERSALINAN

Komplikasi persalinan pada bayi seperti trauma kepala, asfiksia dapat menyebabkan keruskaan jaringan otak.

FAKTOR PASCASALIN

  • Gizi : untuk tumbuh kembang bayi, diperlukan zat makanan yang adekuat
  • Penyakit kronis/kelainan kongenital : tuberkolosis, anemia, kelainan jantung bawaan mengakibatkan retardasi pertumbuhan jasmani
  • Lingkukan fisis dan kimia : Lingkungan sebagai tempat anak hidup berfungsi sebagai penyedia kebutuhan dasar anak. Sanitasi lingkungan yang kurang baik, kurangnnya sinar matahari, paparan sinar radioaktif, zat kimia tertentu mempunya dampak yang negatif terhadap pertumbuhan anak.

PSIKOLOGIS

Hubungan anak dengan orang sekitarnya. Seorang anak yang tidak dikehendaki oleh orang tuanya atau anak yang selalu merasa tertetkan, akan mengalami hambatan di dalam pertumbuhan dan perkembangannya

SOSIO-EKONOMI

Kemisikinan selalu berkaitan dengan kekurangan makanan, kesehatan lingkungan yang jelek dan ketidaktahuan, akan menghambat pertumbuhan anak.

LINGKUNGAN PENGASUHAN

Pada lingkungan pengasuhan, interaksi ibu anak sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak

STIMULASI

Pertumbuhan memerlukan rangsang/stimulasi khususnya dalam keluarga, misalnya penyediaan alat mainan, sosialisasi anak, keterlibatan ibu dan anggota keluarga lain terhadap kegiatan anak.

OBAT-OBATAN

Pemakaian kortikosteroid jangka lama akan menghamba pertumbuhan, demikian halnya dengan pemakaian obat perangsang terhadap susunan saraf yang menyebabkan terhambatnya produksi hormon pertumbuhan

BAB III

PENUTUP

1.1. Kesimpulan

Dari pembahasan penulisan makalah dengan judul “Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak, maka dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut :

  1. 1. Keturunan

Karakteristik yang diturunkan mempunyai pengaruh besar pada perkembangan.

  1. 2. Neuroendokrin

Penelitian menunjukkan kemungkinan adanya pusat pertumbuhan dan region hipotalamik yang bertanggung jawab untuk mempertahankan pola pertumbuhan yang ditetapkan secara genetic

  1. 3. Nutrisi

Nutrisi mungkin merupakan satu-satunya pengaruh paling pentng pada pertumbuhan.

  1. 4. Hubungan Interpersonal

Hubungan dengan orang terdekat memainkan peran penting dalam perkembangan, terutama dalam perkembangan emosi, intelektual, dan kepribadian.

  1. 5. Tingkat Sosioekonomi

Riset menunjukkan bahwa tingkat sosioekonomi keluarga anak mempunyai dapak signifikan pada pertumbuhan dan perkembangan.

  1. 6. Penyakit

Banyak penyakit kronik yang dikaitkan dengan berbagai tingkat kegagalan pertumbuhan adalah anomaly jantung congenital dan gangguan pernafasan seperti  kistik fibrosis.

  1. 7. Bahaya lingkungan

Bahaya dilikungan adalah sumber kekhawatiran pemberi asuhan kesehatan dan orang lain yang memerhatikan kesehatan dan keamanan.

  1. 8. Stress pada Masa Kanak-Kanak

Stress adalah ketidakseimbagan antara tuntutan lingkungan dan sumber koping individu

  1. 9. Pengaruh Media Masa

Media dapat member pengaruh besar pada perkembangan anak.

1.2. Saran

Dari penulisan makalah dengan judul “Pengaruh Tumbuh Kembang pada Peningkatan Kesehatan Anak”, maka dari ilmu yang telah didapatkan maka ada beberapa hal saran yang akan penulis sampaikan yaitu sebagai berikut :

Terganggunya tumbuh kembang pada anak juga terjadi karena factor keturunan dan tingkat ekonomi pada anak tersebut.

http://blog.unand.ac.id/ainicahayamata/2011/03/24/%E2%80%9Cbeberapa-faktor-yang-mempengaruhi-perkembangan-anak%E2%80%9D/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s